Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Andi Patimbangi, Rahma Hidayati Darwis

Last modified: 2022-04-06

Abstract


Penerapan pendidikan karakter memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun insan akademik yang berkarakter dan martabat. Untuk itu, pengintegrasian pendidikan karakter kedalam proses pembelajaran merupakan salah satu ikhtiar untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dalam penelitian ini digambarkan bagaimana penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran serta kendala yang dihadapi dalam menerapkannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menemukan sekaligus mendeskripsikan informasi secara menyeluruh dan utuh mengenai penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil kajian lapangan ditemukan bahwa penerapan pendidikan karakter telah dilakukan oleh sebagian pendidik melalui tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Meskipun demikian, dalam penerapannya masih banyak ditemukan kendala-kendala sehingga pelaksanaan pendidikan karakter belum dapat berjalan secara optimal. Kendala tersebut antara lain 1) pemahaman pendidik tentang konsep pendidikan karakter belum memadai, 2) kesulitan pendidik mengidentifikasi nilai-nilai karakter pada mata kuliah yang diajarkan; 3) pengetahuan tentang variasi-variasi model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menumbuhkan karakter masih kurang; 4) sarana dan prasarana yang belum mendukung sepenuhnya. Dengan adanya kendala tersebut, maka dibutuhkan beberapa kebijakan antara lain kebijakan mengenai peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dalam memangku jabatan fungsional, kebijakan mengenai program pengembangan karakter baik formal maupun informal seperti kegiatan spiritualitas emotional spiritual quotient (ESQ), dan kebijakan mengenai penegakan integritas

Keywords


Pendidikan, karakter, pembelajaran

Full Text: FULL PAPER