Last modified: 2022-03-17
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua, pola asuh, dan faktor yang mempengaruhi kemandirian anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research. Sumber data berasal dari jurnal, skripsi dan buku yang berkaitan dengan peran orang tua dan kemandirian anak. Tehnik analisis data yang digunakan berupa content analysis. Hasil penelitian menunjukkan orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak. Peran orang tua bagi pendidik anak, antara lain adalah: (1) guru pertama (2) tempat anak belajar kehidupan dan belajar mengembangkan seluruh aspek pribadinya, (3) pelindung utama bagi anak, (4) sumber kehidupan bagi anak, (5) tempat bergantung anak, dan (6) sumber kebahagian anak. Dalam mengasuh anak secara umum ada tiga pola asuh yang digunakan oleh orang tua yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Dari ketiga pola ini pola asuh yang baik untuk digunakan orang tua adalah pola suh demokratis. Namun dalam usaha menumbuhkan kemandirian anak orang tua menemukan beberapa kendala baik berasal dari dalam (faktor internal) dan luar (faktor eksternal). Faktor yang mempengaruhi kemandirian pada anak diantaranya; (1) Faktor internal yaitu emosi dan intelektual anak; (2) Faktor eksternal yaitu lingkungan, status ekonomi keluarga, stimulasi, pola asuh, cinta dan kasih sayang, kualitas informasi anak dengan orang tua dan status pekerjaan ibu. Temuan dalam penelitian ini mengimplikasikan orang tua, guru dan masyarakat harus memahami jenis-jenis pola asuh dalam mendidik anak dan menggunakan pola asuh yang tepat untuk mengembangkan sikap kemandirian anak agar anak dapat mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.