Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PERAN STRATEGI METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA
Andi Hasrianti, Usman Usman

Last modified: 2022-04-10

Abstract


Mengacu pada konsep metakognisi yang dikemukakan oleh Flavell (1976), keterampilan metakognitif adalah kesadaran dalam memantau dan mengontrol proses kognitifnya dalam memecahkan masalah atau tugas tertentu. Siswa diajarkan untuk mengatur, mengelola, dan mengevaluasi proses belajar mereka, sehingga kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka menjadi kuat. Kemampuan ini harus dikuasai agar siswa merasa bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri. Paradigma metakognitif ini harus akrab dan dikuasai oleh guru, sehingga metode tersebut efektif, sebelum, selama, dan setelah ketika mengajar kemampuan pemahaman kepada siswa. Strategi metakognitif membantu siswa dalam melacak ide-ide mereka saat membaca. Siswa dapat menggunakan keterampilan metakognitif untuk membantu mereka menjadi pembelajar yang lebih mandiri. Guru harus memanfaatkan keterampilan metakognitif kepada siswa, sehingga mereka dapat mengatur dan diharapkan mampu menerapkannya secara mandiri proses keterampilan yang dimiliki.


Keywords


Strategi Metakognitif, Membaca, Siswa

Full Text: FULL PAPER