Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
ANALISIS KELAYAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM APLIKASI “RUANGGURU” SEBAGAI MEDIA BELAJAR ONLINE SISWA SMA KELAS X IPA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 REVISI
Nidya Nina Ichiana, Andi Halimah, Rana Muthi'ah Dinayah

Last modified: 2022-04-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan pada video pembelajaran matematika kelas X IPA Kurikulum 2013 Revisi dalam Aplikasi Ruangguru berdasarkan aspek materi dan aspek media. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyakan 13 video pembelajaran matematika kelas X IPA Kurikulum 2013 Revisi dalam Aplikasi Ruangguru. Sedangkan, penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket penilaian pada 30 ahli yaitu guru matematika. Berdasarkan hasil penelitian, video pembelajaran yang dianalisis menunjukkan bahwa rerata persentase kelayakan aspek materi memperoleh skor sebesar 79,4% dalam kategori layak dan rerata persentase kelayakan aspek media sebesar 81,9% dalam kategori sangat layak. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa video pembelajaran matematika kelas X IPA Kurikulum 2013 Revisi dalam Aplikasi Ruangguru layak digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik.


Keywords


Ruangguru, video pembelajaran, media belajar online

Full Text: FULL PAPER