Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAI MUHAMMADIYAH SINJAI
Laeli Qadrianti, Nurul Islamiah, Hasmiati Hasmiati, Amran A R., Muhammad Kadir

Last modified: 2022-04-06

Abstract


Penelitian evaluasi merupakan salah satu jenis penelitian yang dirancang untuk menghasilkan data mengenai nilai, jasa, atau nilai fenomena pendidikan. Dalam hal ini evaluasi tentang pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah hasil evaluasi pembelajaran berbasis proyek pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI Muhammadiyah Sinjai. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode evaluasi yang digunakan adalah metode STAKE, yakni mengevaluasi perencanaan, proses, dan hasil. Adapun temuan penelitian ini yakni, pembelajaran berbasis proyek telah dilaksanakan pada mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI Muhammadiyah Sinjai. Dari temuan tersebut ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek masih memiliki kekurangan dari segi persiapan dan hasil. Dilihat dari aspek persiapan ditemukan kendala berupa penyampaian proyek dari dosen masih kurang jelas dan belum spesifik, sedangkan dari aspek hasil, proyek yang dikerjakan masih terbatas pada artikel atau jurnal yang belum dipublikasikan. Kesimpulan dari penelitian ini berupa pembelajaran berbasis proyek masih perlu perencanaan yang matang agar sesuai dengan hasil atau tujuan yang diharapkan.


Keywords


evaluasi, pembelajaran, proyek

Full Text: FULL PAPER