Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
ANALISIS BUKU AJAR MATEMATIKA BERDASARKAN MUATAN LITERASI MATEMATIKA
Padilham Padilham, Andi Dian Angriani, Andi Halimah

Last modified: 2022-03-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proporsi pada tiap-tiap komponen literasi matematika berdasarkan PISA yang meliputi: komponen proses, konten, dan konteks pada buku ajar matematika yang dianalisis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menampilkan hasil data apa adanya tanpa proses manipulasi atau perlakuan lain. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari: tahap persiapan, dengan memilih buku teks yang akan dianalisis, kemudian melakukan pengumpulan data dengan teknik analisis dokumen dan melalukan studi pustaka dengan menggunakan instrumen yang sudah ditentukan sebelumnya, untuk mengetahui bagaimana muatan literasi matematika pada tiap-tiap komponen dalam buku ajar matematika tersebut, dan penarikan kesimpulan dari data yang telah didapatkan. Based on the results of the study, it was found that the proportion of each component of mathematical literacy in mathematics textbooks. In general, the mathematics textbooks from Chapter I to IV contain components of mathematical literacy.

Keywords


Kurikulum 2013, Muatan Literasi Matematika, Buku Ajar Matematika

Full Text: FULL PAPER