Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Minat Belajar Fisika Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas XI MA An-Nuriyah
Muhammad Qaddafi, Baharuddin Baharuddin, Furqa Nul Arham

Last modified: 2022-12-08

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) gambaran minat belajar peserta didik kelas XI MA An-Nuriyah yang diajar dengan menggunakan media film animasi dr. stone; 2) gambaran minat belajar peserta didik kelas XI MA An-Nuriyah yang diajar dengan menggunakan media konvensional; 3) perbedaan minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan media film animasi dr. stone dan yang diajar menggunakan media konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian adalah the equivalent time-sample design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran minat belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran media film animasi dr. stone berada pada kategori tinggi sedangkan nilai rata-rata peserta didik yang diajar dengan menggunakan media konvensional berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara yang diajar dengan menggunakan media film animasi dr. stone dan yang diajar menggunakan media konvensional berdasarkan uji t-2 sampel yang dilakukan, gambaran perbedaan minat belajar ini dideskripsikan melalaui analisis deskriptif, sehingga pemberian media film animasi dr. stone berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Implikasi penelitian ini adalah 1) dapat menambah variasi media pembelajaran bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran; 2) sebagai daya tarik bagi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran di kelas

Keywords


Media Film, usaha dan energi

References


[1]    Djaali. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 

[2]    Yusuf, A. M. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Cet. Ke-4. Jakarta: Kencana.

 

[3]    Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Cet. Ke-8. Bandung: Alfabeta.

 

[4]    Maharani, A., Riswanti, R., dan Sugiman. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal FKIP Unila. (2019), 6(17).

 

[5] Milovanovic, Marina et.al. Aplication of Interactive Multimedia Tools in Teaching Mathematics-Examples of Lessons From Geometry TOJET: Turkish online journal of Educational Technology, 2013, 13.

Full Text: XML