PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM ANIMASI DR. STONE TERHADAP BERFIKIR KRITIS MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK PADA SISWA KELAS XII SMAN 1 JENEPONTO
Andi Halimah, Imam Permana, Rachmat Ashar, Mukti Ali
Last modified: 2023-01-04
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berfikir kritis siswa kelas SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik tidak menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone, untuk mengetahui berfikir kritis siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto materi induksi elektromagnetik yang menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone, untuk mengetahui perbedaan berfikir kritis siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik tidak menggunakan dan menggunakan media animasi Dr. Stone, dan Untuk mengetahui media pembelajaran berbasis film animasi Dr. Stone efektif terhadap berfikir kritis siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Jeneponto. Pengambilan sampel Penelitian menggunakan Simple Random Sampling. Sampel penelitian yang digunakan 25 orang di kelas eksperimen dan 25 orang di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berfikir kritis siswa kelas SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik tidak menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone sebagian besar berada pada kategori berfikir kritis baik dengan nilai rata-rata 59,4. 2) berfikir kritis siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto materi induksi elektromagnetik yang menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone sebagian besar berada pada kategori berfikir kritis baik dengan nilai rata-rata 79,8. 3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan berfikir kritis siswa yang tidak diajar menggunakan film animasi Dr.Stone dan yang diajar menggunakan film animasi Dr.Stone. 4) Media pembelajaran berbasis film animasi Dr. Stone efektif terhadap berfikir kritis siswa dilihat dari nilai rata-rata N-Gain skor pada kelas eksperimen sebesar 0,72 yang termasuk dengan kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata N-Gain skor pada kelas kontrol sebesar 0,46 yang termasuk dengan kategori sedang. Implikasi pada penelitian ini yaitu: 1) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika menggunakan media pembelajaran berbasis film animasi Dr.Stone efektif pada berfikir kritis siswa sehingga dapat diterapkan untuk kegiatan mengajar selanjutnya. 2) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan, rujukan serta tantangan, khususnya yang ingin melakukan penelitian serupa agar siswa lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi Dr. Stone, berfikir kritis dan Induksi Elektromagnetik
Keywords
Media pembelajaran, Animasi Dr. Stone, Berfikir kritis dan Induksi Elektromagnetik
References
[1] D. Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: cv pustaka ilmu, 2020.
[2] H. Z. P. Sampurno, Pandu Joyo, Rizky Maulidiyah, “Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA (Halaman 54 Sd 58),” J. Fis. Indones., vol. 19, 2015.
[3] M. K. M. Hasmiati, Jamilah, “Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Metode Praktikum,” J. Biotek, vol. 5, 2017.
[4] D. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
[5] S. . Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media, 2016.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.
[7] S. Siregar, Statistik Parametrik untuk Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
[8] Kadir, Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
[9] Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.