Last modified: 2022-12-08
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis media alat peraga Spark Plugs, untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional, untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dan tidak diajar menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis alat peraga spark plugs kelas XII MA An-Nuriyah Jeneponto. Jenis penelitian quasi eskperimen dengan desain posstest only control group desain. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XII MA An-Nuriyah Jeneponto. Instrument penelitian adalah tes pemahaman konsep. Analisis deskriptif pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 75 dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 60,26. Analisis Implikasi pada penelitian ini yaitu pertimbangan bagi tenaga pendidik dalam menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis media alat peraga spark plugs, pendidik dapat menggunakan model pembelajaran yang berbeda dengan alat perga yang sama begitupun sebaliknya, bagi peneliti lain dapat dijadikan refrensi untuk penelitian lebih lanjut dengan materi fisika yang berbeda.
Kata Kunci: Project Based Learning, dan Pemahaman Konsep.
Keywords
References
[1] Rohani.Media Pembelajaran.Diktat (Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2019) Hal 1-100..
[2] Anderson & Krathwohl. Taxonomy for Learning Teaching, Teaching and Assessing : Addison Wesley. 2001
[3] Fraenkel, Jack. R and Norman E. Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. USA, San Francisco State University.2012
[4] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2015.
[5] Tjahja Darmawan,Elizabeth. Best Practice Pendidik dalam Tugas Pembelajaran di sekolah . Yogyakarta: Deepublish. 2017.
[6] Surya. H. S, Ismayati. E. Imam. A.G. & Rijanto. T. 2020. Media ELearning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 9 (3): 605-610.