Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
Penerapan Model Cooperatif Learning Type Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Fisika Explotion Box Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Jeneponto
Andi Halimah, Andi Ferawati Jafar, Dian Furqani Ramadhani, Andi Jusriana

Last modified: 2022-12-08

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan (1) untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik pada kelas yang menerapkan model type TGT berbantuan media fisika explotion box di SMAN 1 Jeneponto, (2) untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik pada kelas yang tidak menerapkan model type TGT berbantuan media fisika explotion box di SMAN 1 Jeneponto, dan (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar fisika peserta didik antara kelas yang menerapkan dengan kelas yang tidak menerapkan model cooperative learning type TGT berbantuan media fisika explotion box. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen desaign dengan desain post-test equivalent group. populasi sebanyak 5 kelas XI MIA dan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dan MIA 2 SMAN 1 Jeneponto. Instrumen yang digunakan pada penetian ini yaitu angket minat belajar. Hasil analisis inferensial diperoleh minat belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Jeneponto yakni berdasarkan tabel output independent samples t test pada bagian equal variances not assumed didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 3,581 > 0,05. Sehingga terdapat pengaruh pada model cooperatif learning type team games tournament (TGT) berbantuan media fisika explotion box terhadap minat belajar fisika peserta didik SMAN 1 Jeneponto. Implikasi dari penelitian ini yaitu (1) Bagi peserta didik diharapkan dengan adanya model cooperative learning type teams games tournament berbantuan media fisika explotion box dapat mendukung dan memotivasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. (2) Bagi pendidik diharapkan dalam mengajar khususnya pendidik bidang studi fisika untuk selain memperhatikan model pembelajaran yang baik tetapi juga memberikan perhatian lebih untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. (3) Bagi sekolah diharapkan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan dan penyempurnaan program pengajaran di sekolah, serta memberikan masukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu pada mata pelajaran fisika. (4) Bagi masyarakat diharapkan dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi media pembelajaran untuk materi untuk materi tertentu seperti yang dilakukan peneliti yaitu fisika.


Full Text: PDF