Font Size:
Persepsi Peserta Didik Terhadap Kemampuan Tenaga Pendidik Dalam Mengaplikasikan Multimetode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 2 Sinjai
Last modified: 2022-12-08
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana persepsi peserta didik terhadap kemampuan tenaga didik dalam menerapkan multimetode pembelajaran pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 2 Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sinjai yang berjumlah 125 orang. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 20 orang. Selanjutnya penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu angket, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi tenaga pendidik pada mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Sinjai berada pada kategori baik, dimana tenaga pendidik menggunakan metode pembelajaran yang variatif dalam proses belajar mengajar. 2) Ada beberapa metode pembelajaran yang sudah diterapkan meskipun belum maksimal misalnya metode tanya jawab, metode Project Based Learning dan metode eksperimen. Implikasi dari penelitian ini diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber bacaan untuk memperkaya khazanah keilmuan ataupun untuk dijadikan sebagai sumber referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengangkat atau mengkaji topik yang sama.
Keywords
Persepsi, multimetode pembelajaran
References
[1] Akhmad Fauzi, Metode Sampling. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2004.
[2] Amzat, Ismail Hussein, Amrita Kaur, Wajeha Al-Ani, Shim Poh Mun, dan Talatu Salihu Ahmadu, “Guru Bunout dan Strategi Mengatasi untuk Tetap Mengajar di Malaysia: Analisis Fenomenologis Interpretatif.” Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa 10, no. 3 (2021), h. 1075-1088.
[3] Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA. 2008.
Full Text:
PDF