Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM IPA-FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Irmawati Irmawati, Bunga Dara Amin, Helmi Abdullah3

Last modified: 2023-01-04

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis : 1) hasil pengembangan dari video praktikum IPA-fisika berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik, 2) respon guru terhadap video praktikum IPA-fisika berbasis inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran, 3) respon peserta didik terhadap video praktikum IPA-fisika berbasis inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran, 4) penerapan video praktikum IPA-fisika berbasis inkuiri terbimbing yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini  dilaksanakan pada kelas VIII  MTsN 3 Bone dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Video praktikum IPA-fisika berbasis inkuiri terbimbing dikembangkan dengan menggunakan model pengemabangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil dari pengembangan video praktikum menunjukkan bahwa 1) video praktikum ini layak untuk digunakan, dilihat dari hasil validitas tiga dosen ahli yang dianalisis menggunakan Aiken’s V memperoleh nilai diatas 0,4 artinya video praktikum ini berada pada kriteria valid 2) video praktikum IPA-fisika berbasis inkuiri terbimbing mendapat respon positif dari guru dan peserta didik 3) video praktikum IPA-fisika juga mampu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik terlihat dari analisis nilai N-gain.

 

Kata kunci: Video praktikum, inkuiri terbimbing, dan keterampilan proses sains.

 


Full Text: PDF