Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Sinematografi Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI SMAN 1 Jeneponto
Azraf Azraf, Eka Damayanti Eka, Rafiqah Rafiqah, Sudirman Sudirman

Last modified: 2022-12-08

Abstract


ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Media Audio Visual Berbasis Sinematografi Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI di SMAN 1 Jeneponto Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development).  Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yaitu : Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap uji coba skala kecil dilakukan pada peserta sebanyak 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan produk,angket respon peserta didik terhadap Produk dan Tes hasil belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan buku elektronik memperoleh nilai indeks aiken V=0.86 yang berada pada kategori validitas tinggi yang berarti layak untuk digunakan. Tingkat kepraktisan penggunaan buku elektronik diperoleh dari lembar observasi peserta didik dengan persentase 49% sangat baik dan 40% baik, dan angket respon peserta didik sebesar 30% sangat baik dan 64% baik sehingga produk dapat dikatakan praktis. Tingkat keefektifan penggunaan produk dilihat dari analisis tes hasil belajar peserta didik diperoleh persentase tingkat ketuntasan sebesar 82% dan di dukung dengan melakukan uji t yang dimana t hitung > t tabel dengan nilai t hitung 2,0345 dan t tabel 2,265 sehingga produk dapat dikatakan efektif untuk digunakan. Hasil penelitian dan pengembangan ini mempunyai implikasi praktis bagi pihak-pihak terkait dengan bidang penelitian. Bagi peserta didik , produk yang dihasilkan dapat menjadi alternatif sumber belajar lagi. Bagi pendidik, produk ini dapat membantu atau mempermudah dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Kata kunci: Media Audio Visual Berbasis Sinematografi, Elastisitas dan Hukum Hooke

Keywords


Kata kunci: Media Audio Visual Berbasis Sinematografi, Elastisitas dan Hukum Hooke

References


DAFTAR PUSTAKA[1] A. Arsyad, “Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.” 2002.[2] A. Azhar, “Media pengajaran,” Jakarta PT Raja Graf., 1997.[3] H. Suprijanto, “Pendidikan orang dewasa,” Bumi Aksara Jakarta, 2008.[4] A. R. C. Ningtyas and R. M. U. Malau, “Identitas Perempuan Feminin Dalam Film (analisis Resepsi Penonton Perempuan Terhadap Film Toy Story 4),” eProceedings Manag., vol. 7, no. 2, 2020.[5] E. Miyarso, “Peran Penting Sinematografi dalam pendidikan pada era teknologi Informasi & Komunikasi,” Maj. Pendidik., 2011.[6] A. Anjaya, “STUDI PERBEDAAN KOMPOSISI PADA SINEMATOGRAFI DAN EFEK YANG DIHASILKAN,” in Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 2020, vol. 1, no. 1, pp. 604–612.[7] Sudjana, Metoda Statistika, 1st ed. Bandung: Tarsito, 2005.[8] A. Andriyani and J. L. Buliali, “Pengembangan media pembelajaran lingkaran menggunakan augmented reality berbasis android bagi siswa tunarungu,” Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 170–185, 2021.[9] T. Plomp and N. Nieveen, “An Introduction to Educational Design Research,” 2007.[10] K. A. Faradayanti, “Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Menunjang E-Learning Pada Materi Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 09, no. 03, 2020.[11] H. V. Ali, “Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Kebumian Berbasis Kearifan Lokal Matanggawe pada Masyarakat Suku Tolaki Kolaka.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2021.[12] H. F. Milala, Endryansyah, Joko, and A. I. Agung, “Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player,” Pendidik. Tek. Elektro, vol. 11, no. 1, pp. 195–202, 2022.[13] T. Wahyuni, A. Widiyatmoko, and I. Akhlis, “Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Energi Dalam Sistem Kehidupan Pada Siswa Smp,” Unnes Sci. Educ. J., vol. 4, no. 3, pp. 998–1004, 2015.[14] Z. Arifin, “Modul Evaluasi Pembelajaran,” Jakarta Direktorat Jenderal Pendidik. Islam Kementeri. Agama RI, 2012.

Full Text: PDF