Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LAGU FISIKA HUKUM NEWTON TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KELAS X SMAN 1 JENEPONTO
umar sulaiman, andi ferawati jafar, nur aeni

Last modified: 2022-12-08

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran minat dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing berbantuan lagu fisika Hukum Newton, untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing dengan yang diajar menggunakan model konvensional. Jenis penelitian quasi eskperimen dengan desain posstest only control group desain. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X SMAN 1 Jeneponto. Instrument penelitian adalahangket respon dan tes hasil belajar. Analisis deskriptif kelas eksperimen kategori sangat tinggi dan kelas kontrol kategori tinggi. Analisis inferensial menggunakan uji t diperoleh thitung 4,68 < ttabel 2,04 Ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik. Implikasi pada penelitian ini yaitu pertimbangan bagi tenaga pendidik dalam menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan lagu fisika, pendidik dapat menggunakan model pembelajaran yang berbeda, bagi peneliti lain dapat dijadikan refrensi untuk penelitian lebih lanjut. Kata Kunci: Snowball Throwing, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Keywords


Snowball Throwing, Minat Belajar, Hasil Belajar.

References


[1] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 16th ed. Bandung: Bandung Alfabeta, 2013. [2] S. Azwar, “Penyusunan skala psikologi. edisi 1. cetakan xiv,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010. [3] E. W. T. Pamungkas, S. Herlambang, and Juarti, “Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap minat belajar geografi kelas xi iis sma negri 1 tumpang kabupaten malang,” pp. 29–37, 2016, [Online]. Available:http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikangeografi/article/vi ew/5904. [4] I. T. Z. Arifin, “Penggunaan Metode Kooperatif dengan Model Snowball Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SD Negeri III Wiroko Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/15634/. [5] I. Tahir, J. Jufri, and A. K. Achmad, “Murder Dalam Pembelajaran Membaca Memahami Bahasa Jerman,” Interf. J. Lang. Lit. Linguist., vol. 2, no. 2, pp. 127–136, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/20483. [6] I. Pudjipawarti, M. Makmuri, and K. Kustiyowati, “PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSE PPKN SISWA SMP NEGERI 2 AMBULU,” J. Educ. Technol. Inov., vol. 3, no. 2, pp. 24–39, 2020,[Online].Available: http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/jeti/article/view/578

Full Text: PDF