Last modified: 2022-12-08
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap metode pembelajaran pada mata kuliah fisika dasar Fakultas Pertanian Universitas PGRI Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif dengan metode survey. Responden penelitian ini berjumlah 50 mahasiswa yang menempuh mata kuliah fisika dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap metode diskusi sebesar 74%, kepuasan terhadap metode tanya jawab sebesar 63%, kepuasan terhadap metode ceramah sebesar 51%, kepuasan terhadap metode demonstrasi sebesar 78%. Kepuasan terhadap metode eksperimen sebesar 89%, kepuasan terhadap metode resitasi sebesar 71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwsanya metode eksperimen mendapatkan tingkat kepuasan yang paling tinggi artinya mahasiswa sangat puas terhadap metode eksperimen.
Keywords
References
[1] Syahid, M.Ilyas Abd. 2018. Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia Vol. 04 No.01
[2] Aditya, Dedy Yusuf. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016. ISSN 2527-967X
[3] Sari, Dian Shinta. Dkk. 2018. Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Dosen. Jurnal Pembelajaran Prospektif Vol 3 No 1 Februari 2018.
[4] Mas’adah, Nikmah Lailatul. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Bidayatuna p-ISSN: 2621-2153, e-ISSN: 2621-2153 hal 105
[5] Kawet, Rifana S.I. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 19 No 3 Desember 2017 hal 224-239
[6] Hamdayama, Jumanta. 2014. Model & Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia,