Font Size:
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TORUNAMENT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TUBAK KERARU TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA
Last modified: 2022-12-08
Abstract
ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep peserta didik Jenis penelitian quasi eskperimen dengan desain the matching pretest-posstest kontrol group desain. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII MTsN 2 Flores Timur. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive the matching sampling. Instrument penelitian adalah tes pemahaman konsep, lembar observasi. Analisis deskriptif kelas kontrol kategori sedangdan eksperimen berkategori tinggi. Analisis inferensial menggunakan uji t diperoleh 0.001 < 0,05. Ini menunjukkan H0 ditolak atau terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik. Sehingga model cooperative learning tipe team games tournament berpengaruh terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Implikasi pada penelitian ini yaitu bagi tenaga pendidik yang ingin menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik dan dapat dijadikan masukan untuk penelitian lebih lanjut pada materi fisika yang berbeda.Kata Kunci: Cooperative, Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep.
Keywords
Kata Kunci: Cooperative, Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep.
References
DAFTAR PUSTAKA[1] Sari, et al. “Analisis Respond Dan Ketertarikan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasiis Environmental Learning Di SMA.” PENDIPA Journal of Science Education 5, no. 3 : 337-334. 2021.[2] Lestari, E. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di MIS Ikhwanul Muslimin Tembung Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang TA 2017/2018.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. 2018.[3] Putri, R. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Confidence Siswa SMP”. FKIP UNPAS. 2017.[4] Sugiyono. “Metodologi Penelitian Keantitatif Kualitatif Dan R & D.” Bandung: Alfa Beta. 2010.[5] Hamdani, et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Generative Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu”. Exacta 10, no. 1: 79-88. 2012.[6] Rohmah, E. Aenu. “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantuan media game online terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa”. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 8, no. 2: 126-143. 2016.
Full Text:
PDF