Last modified: 2022-12-08
Abstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik menggunakan aplikasi quizizz dan google classroom. Jenis penelitian quasi eskperimen dengan desain the matching posstest control group desain. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XI MAN 2 Poso. Pengambilan sampel menggunakan teknik two step matching sampling. Instrument penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Analisis deskriptif kelas eksperimen 1 kategori tinggi dan eksperimen 2 berkategori tinggi. Analisis inferensial menggunakan uji t diperoleh tstat 0, 283 < ttabel 2,09 Ini menunjukkan H0 diterima atau tidak terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar fisika peserta didik. Sehingga kedua media ini dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Implikasi pada penelitian ini yaitu bagi tenaga pendidik menjadi referensi dalam menggunakan media aplikasi quizizz atau google classroom dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik dan dapat dijadikan masukan untuk penelitian lebih lanjut pada materi fisika yang berbeda.
Keywords
References
[1] Rohani.Media Pembelajaran.Diktat (Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2019) Hal 1-100..
[2] Anderson & Krathwohl. Taxonomy for Learning Teaching, Teaching and Assessing : Addison Wesley. 2001
[3] Fraenkel, Jack. R and Norman E. Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. USA, San Francisco State University.2012
[4] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2015.
[5] Tjahja Darmawan,Elizabeth. Best Practice Pendidik dalam Tugas Pembelajaran di sekolah . Yogyakarta: Deepublish. 2017.
[6] Surya. H. S, Ismayati. E. Imam. A.G. & Rijanto. T. 2020. Media ELearning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 9 (3): 605-610.