Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI di SMA Negeri 1 Jeneponto
Muhammad Yusuf Hidayat, Inta Indria Tari, Ali Umar Dani, Syamsuddin Syamsuddin

Last modified: 2022-12-08

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI di SMA Negeri 1 Jeneponto Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development).  Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yaitu : Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap uji coba skala kecil dilakukan pada peserta sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan LKPD,angket respon peserta didik terhadap LKPD dan Tes hasil belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan buku elektronik memperoleh nilai indeks aiken V=0.74 yang berada pada kategori validitas tinggi yang berarti layak untuk digunakan. Tingkat kepraktisan penggunaan buku elektronik diperoleh dari lembar observasi mahasiswa dengan persentase 63 % sangat baik dan 37% baik, dan angket respon peserta didik sebesar 23%  sangat baik dan 54% baik sehingga LKPD dapat  dikatakan praktis. Tingkat keefektifan penggunaan LKPD dilihat dari analisis tes hasil belajar peserta didik diperoleh persentase tingkat ketuntasan sebesar 80 % sehingga LKPD dapat dikatakan efektif untuk digunakan. Hasil penelitian dan pengembangan ini mempunyai implikasi praktis bagi pihak-pihak terkait dengan bidang penelitian. Bagi peserta didik , produk yang dihasilkan dapat menjadi alternatif sumber belajar lagi. Bagi pendidik, produk ini dapat membantu atau mempermudah dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran.

 


Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik, Suhu dan Kalor , Eksplorasi,Elaborasi dan Konfirmasi

References


DAFTAR PUSTAKA

[1]      Akbar, Menjadi Guru Profesional Peningkatan Mutu Guru. Jakarta: Erlangga, 2017.

[2]      N. Putra, Research & Development Penelian dan Pengembangan : Suatu Pengantar, 4th ed. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015.

[3]      Rafiqah, Pengembanan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. makassar: Alauddin University Press, 2013.

[4]      Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: ALFABETA, 2019.

[5]      H. Retnawati, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Parama Publishing, 2016.

[6]      D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

[7]      Sudjana, Metoda Statistika, 1st ed. Bandung: Tarsito, 2005.

[8]      Nurdin, “Model Pembelajaran matematika yang Menumbuhkan Kemampuan metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar,” Universitas Negeri Surabaya, 2007.

[9]      A. Andriyani and J. L. Buliali, “Pengembangan media pembelajaran lingkaran menggunakan augmented reality berbasis android bagi siswa tunarungu,” Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 170–185, 2021.

[10]    K. A. Faradayanti, “Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Menunjang E-Learning Pada Materi Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 09, no. 03, 2020.

[11]    Z. Arifin, “Modul Evaluasi Pembelajaran,” Jakarta Direktorat Jenderal Pendidik. Islam Kementeri. Agama RI, 2012.


Full Text: PDF