Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
OPTIMALISASI PENYUSUNAN RPS BERBASIS OBE SECARA SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS UNTUK MENDUKUNG PERSIAPAN AKREDITASI DI UNIVERSITAS JEMBER
Nindha Ayu Berlianti

Last modified: 2022-12-08

Abstract


Pengembangan dan transisi kurikulum dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dunia pendidikan dalam menghadapi kecepatan pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi. Kurikulum MBKM OBE merupakan kurikulum pembelajaran berorientasi luaran yang sudah terimplementasi dengan kegiatan MBKM. Orientasi MBKM ditandai dengan adanya implementasi Case method dan atau PjBL dalam setiap CPL mata kuliah. Case method termasuk dalam IKU ketujuh PTN yakni kelas yang kolaboratif dan partisipatif, oleh sebab itu pihak kampus bersama para dosen dituntut mampu menciptakan kelas yang mumpuni serta bisa melibatkan mahasiswa dan merangsang keterlibatan mereka dalam proses belajar di kelas. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan penelitian ini diintergrasikan untuk mendukung persiapan akreditasi program studi fisika universitas jember dengan mengoptimalisasikan penyusunan RPS OBE secara Synchronous dan Asynchronous untuk beberapa mata kuliah wajib program studi. Metode analisis dan evaluasi yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dikemas dalam angket kuisioner. Angket tersebut ditujukan untuk mengetahui apakah penyusunan RPS OBE tersebut telah dirancang dengan detail dan terencana sesuai dengan CPL yang dibebankan pada masing-masing matakuliah dengan berpedoman IKU 7. Hasil penelitian dan survey menunjukkan bahwa 89,1 % dosen telah menggunakan RPS OBE, 83,3% RPS OBE yang disusun telah dirancang secara detail dan terencana dan sebanyak 75% metode berbasis hasil (case method) telah diimplementasikan dengan baik dalam membantu mahasiswa dalam memahami dan menguasai materi.


References


[1]  H. S. D. Komang, G. A. S. Putu, L. R. Rifky, and B. M. A. Komang, “Implementasi Asesmen Alternatif Pada Strategi Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous,” ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Semin. Nas. Pendidik. Mat. Univ. Pekalongan), vol. 3, no. 1, pp. 96–105, 2022.

[2]  S. Puri, “Effective learning through the case method,” Innov. Educ. Teach. Int., vol. 59, no. 2, pp. 161–171, 2022, doi: https://doi.org/10.1080/14703297.2020.1811133.

[3]  Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

[4]  U. I. Wani, “Outcome Based Education ( OBE ): A Transition from Traditional Education System,” Insight J. 0f Appl. Res. Educ. 25, No. 1,2020, no. January 2020, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6519439.

[5]  J. V. Macayan, “Implementing Outcome-Based Education ( OBE ) Framework : Implications for Assessment of Students ’ Performance,” Educ. Meas. Eval. Rev., vol. 8, no. 1, pp. 1–10, 2017.

[6]  M. R. J. Runtuwene et al., “Workshop Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) dan Pembelajaran Kelompok Berbasis Proyek (Team-Based Project) di Universitas Sam Ratulangi Manado,” J. Lentera - Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 22–25, 2021, doi: 10.57207/lentera.v2i1.21.

[7]  U. Rosidin, F. Sesunan, and D. Fitria, “Development of Assessment Instruments to Measure Collaboration and Responsibility Skills of Students in Physics Learning on Cased Method-Based,” AMPLITUDO  J. Sci. Technol. Inov., vol. 1, no. 2, pp. 29–35, 2022, doi: 10.56566/amplitudo.v1i2.7.

[8]  N. Utami Handayani and M. Agung Wibowo, “Implementation Strategy of Outcome-Based Education: A Case Study in Engineering Faculty Diponegoro University,” Proc. Second Asia Pacific Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag. Surakarta, Indones., pp. 420–433, 2021.

[9]  M. Fahrurrozi, “Development of E-Module on Economic Education Management as a Learning Alternative Using Learning Management System (LMS) during the Covid-19 Pandemic,” … Econ. Bus. Educ., 2022, [Online]. Available: https://journal.inspirasi.or.id/edunusa/article/view/136%0Ahttps://journal.inspirasi.or.id/edunusa/article/download/136/52

[10] P. Astuti and F. Febrian, “Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa,” J. Gantang, vol. 4, no. 2, pp. 111–119, 2019, doi: 10.31629/jg.v4i2.1560.

[11] D. Al-Fraihat, M. Joy, R. Masa’deh, and J. Sinclair, “Evaluating E-learning systems success: An empirical study,” Comput. Human Behav., vol. 102, no. June 2019, pp. 67–86, 2020, doi: 10.1016/j.chb.2019.08.004.

 


Full Text: PDF