Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, KONFERENSI NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA

Font Size: 
VALIDITAS LKM FISIKA DASAR BERBASIS HOTS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA PMIPA FKIP UNRI
zulhemi zulhelmi, Dina Syaflita, Naila Fauza

Last modified: 2022-12-08

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui validitas Lembar Kerja Mahasiswa  (LKM) Fisika Dasar  Berbasis HOTS Di Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP UNRI. yang dikembangkan Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan rancangan Four D Model (model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan.Tempat penelitian laboratorium Pendidikan Fisika PMIPA FKIP UNRI. Subjek penelitian adalah LKM yang dikembangkan sebanyak 5 (lima) buah yakni LKM 1 tentang Besaran, Satuan dan Analisis Vektor , LKM 2 tentangKinematika Partikel, LKM 3 tentang Dinamika Partikel, LKM 4 tentang Usaha dan Energi serta LKM 5 Tentang Fluida Statis.. Pengumpulan data digunakan teknik angket untuk memvalidasi ke lima LKM yang dikembangkan. Analisis data yang dipakai adalah statistik deskriptif.. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan  rata- rata validitas  dari semua  LKM  3,42 berkategori valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKM Fisika Dasar Berbasis HOTS  Di Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP UNRI yang dikembangkan dapat digunakan dalam Matakuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP UNRI.


References


[3]        P.D. Kristianto and P.G.F Setiawan, “Pengembangan soal hots (higher order thinking skills) terkait dengan konteks pedesaan,” In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 3, pp. 370-376, 2020.

[6]        R.F. Pasandaran, D. M. R. Kartika and E. D. Masni, “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Pada Pembuktian Dalil-Dalil Segitiga,” Prosiding, 3(1), 2018.

[7]        M. Nur, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Rangka Menunjang Implementasi Kurikulum IPA 1994 di Indonesia,” (Makalah). Penang Malaysia: SEAMEO-RECSAM Tanggal 14-18 Maret, 1994.

[8]        T.B. Pakpahan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SLTP Pokok Bahasan Suhu dan Pemuaian Berorientasi Model Pengajaran Langsung,”(Tesis). Tidak Dipublikasikan. Surabaya: UNESA, 2001.

[9]        H. Darmodjo and J. R. E. kaligis, “Pendidikan IPA 2,” Depdikbud, 1993.

[10]      R. E. Slavin, “Educational Psychology: Theory and Practice,” Massachussetts: Allyn and Bacon, 1997.

 


Full Text: PDF