Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN: SUATU KAJIAN TEORETIK
Nursalam Nursalam, Muljono Damopolii, M. Shabir Umar

Last modified: 2022-03-18

Abstract


Lembaga pendidikan harus memastikan proses pembelajaran berjalan sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan oleh pemerintah. Salah satu komonen penting dalam kurikulum, pembelajaran adalah penilaian. Penilaian menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran karena melalui penilaian yang baik maka akan diperoleh informasi dan profil peserta didik yang sebenarnya. Oleh karena itu kegiatan asesmen pembelajaran tidak boleh hanya dilakukan di akhir setiap semester, akan tetapi proses penilaian harus juga menjadi bagian dari proses pembelajaran. Oleh karenanya perlu menerapkan model assessment as learning selain menggunakan model assessment for learning dan assessmet of learning. Penilaian yang baik dapat dijadikan sebagai dasar dalam menentukan tindak lanjut dari proses penilaian yang telah dilakukan baik dalam bentuk remedial atau pengayaan.

Keywords


asesmen, pembelajaran, remedial pengayaan

Full Text: FULL PAPER