Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19 DI UPT SMK NEGERI 1 PINRANG
Muhammad Yusril, La Ode Ismail Ahmad, Kasmawati Kasmawati

Last modified: 2022-04-16

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perencanaan manajemen peserta didik di UPT SMK Negeri 1 Pinrang pada Masa Covid-19, (2) mengetahui pengorganisasian manajemen peserta didik di UPT SMK Negeri 1 Pinrang pada Masa Covid-19, (3) mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik di UPT SMK Negeri 1 Pinrang pada Masa Covid-19, (4) mengetahui pengawasan manajemen peserta didik di UPT SMK Negeri 1 Pinrang pada Masa Covid-19, dan (5) mengetahui pengevaluasian manajemen peserta didik di UPT SMK Negeri 1 Pinrang pada Masa Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan wawancara kepala UPT SMK Negeri 1 Pinrang, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Kurikulum, 2 guru dan 2 pembina ekstrakurikuler. Selain itu observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Kemudian teknik pengelolaan data dan analisis data melalui empat tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UPT SMK Negeri 1 Pinrang pada perencanaan peserta didik dilakukan sebuah pertemuan secara online untuk menentukan kouta peserta didik dan merencakan mekanisme rekrutmen, penempatan peserta didik dan orientasi. Selanjutnya manajemen pengorganisasian peserta didik dibentuk kepanitian rekrutmen terdiri dari 32 personil. Manajemen pelaksanaan peserta didik dalam kurikuler telah diberlakukan tatap muka 100% dengan 1 jam pelajaran terdiri 30 menit dan ekstrakurikuler telah berjalan kembali. Manajemen pengawasan peserta didik dilakukan kepala sekolah dibantu wakasek dan ketua jurusan serta pembina ekstrakurikuler. Manajemen pengevaluasian peserta didik sudah secara tatap muka di akhir tahun 2021 semester ganjil. Kesimpulan berdasarkan indikator manajemen peserta didik dalam yakni manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta pengevaluasian sudah terimplementasikan walaupun belum secara optimal karena akibat covid-19.


Keywords


Manajemen, Peserta Didik, Manajemen Peserta Didik

Full Text: FULL PAPER