Last modified: 2022-04-16
Abstract
Jurnal ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pembelajaran pada masa pandemic covid-19 di MTsN 1 Sinjai. Dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen tenaga pendidik pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Sinjai adalah tenaga pendidik diberikan kesempatan untuk dapat mengembangkan kompetensi dan profesionalitasnya dengan melalui berbagai aspek seperti pelatihan, diklat, dan MGMP. Dalam menilai atau mengevaluasi tenaga pendidik di MTsN 1 Sinjai dilakukan melalui supervisi serta tenaga pendidik membuat sebuah laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring). Hasil dari pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik selama pembelajaran daring menunjukkan bahwa prestasi peserta didik tidak meningkat. Sehingga mutu pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 tidak mengalami peningkatan. Kemudian manajemen tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pembelajaran pada masa pandemic Covid-19 di MTsN 1 Sinjai dilakukan dengan, pelaksanaan manajemen tenaga pendidik berupa pengembangan seperti pelatihan tenaga pendidik, pengawasan melalui kegiatan supervisi akademik, dan evaluasi. Implikasi dalam penelitian ini adalah: a) manajemen tenaga pendidik harus dilakukan dalam setiap lembaga Sekolah atau Madrasah karena dapat menjadi penunjang dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah atau Madrasah. b) Peningkatan mutu pembelajaran merupakan keharusan yang mutlak dilakukan dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.