Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 8 BONE
Isakasari Isakasari, St. Syamsudduha, Andi Kusumayanti

Last modified: 2022-04-10

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penerapan e-learning terhadap minat belajar siswa selama pandemi covid-19 di SMAN 8 Bone. Menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI dan XII di SMAN 8 Bone yang berjumlah 583 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 238 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan e-learning pada masa pandemi covid-19 di SMAN 8 Bone berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 69%. Minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMAN 8 Bone juga berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 88%. Adapun hasil analisis statistik inferensial menujukkan bahwa diperoleh thitung = 7,105 > ttabel = 1,970 dengan taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan e-learning terhadap minat belajar siswa selama pandemi covdi-19 di SMAN 8 Bone, serta diperoleh nilai (R Square) sebesar 0,975. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan e-learning berpengaruh terhadap minat belajar siswa di SMAN Bone sebesar 98% dan selebihnya 2% dipengaruhi oleh factor-faktor lain diluar dari variabel yang diteliti.

Keywords


E-learning dan Minat Belajar Siswa

Full Text: FULL PAPER