Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
MENGGAGAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE: KONSEP, ARAH, DAN KECENDUNGANYA DALAM PENDIDIKAN ABAD 21
Sitti Fatimah Sangkala Sirate, Muhammad Yaumi

Last modified: 2022-03-18

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan konsep belajar dan pembelajaran dalam bingkai kecerdasan jamak, urgensi kecerdasan jamak dalam pembelajaran, dan arah serta kecendungan penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dalam pendidikan abad 21. Kajian ini menerapkan referencial-based research dengan mengumpulkan 20 dokumen yang relevan dengan teori kecerdasan jamak dan konsep belajar dan pembelajaran. Untuk melakukan pelacakan sumber, peneliti menggunakan enam searching engine otoritatif. Seluruh dokumen itu dianalisis dengan mengunakan prosedur analisis data kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori dan konsep belajar dan pembelajaran adalah dua hal yang berbeda, urgensi kecerdasan jamak dapat memfasilitasi keragaman kemampuan, sumber, aktivitas, dan pembelajaran berdiferensiasi. Arah dan kecenderungan PBKJ dalam Pendidikan Abad 21 adalah memperkuat konsep, strategi, sumber dan teknologi, serta lingkungan belajar yang bervariasi dalam mengakomodasi perkembangan kapasitas individu berdasarkan gaya, kesukaan, dan multi talentanya. Penerapan PBKJ berimplikasi pada kesadaran kolektif tentang keragaman, keunikan, dan pendidikan yang berkeadilan.

Keywords


Belajar dan Pembelajaran, Multiple Intelligence, Pendidikan Abad 21, Keragaman Kecerdasan

Full Text: FULL PAPER