Last modified: 2022-03-18
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Form dalam penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik pada masa pandemi covid 19 di SMAN 9 Takalar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 54 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket melalui Google Form. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif berdasarkan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik suka menggunakan Google Form yaitu rata-rata skor sebesar 76,3 dengan persentase sebesar 66,67% pada kategori tinggi dan 24,07% pada kategori sangat tinggi. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media Google Form sangat efektif dalam penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik pada masa pandemi covid-19 di SMAN 19 Takalar.