Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENGGUNAAN NUADU SEBAGAI E-ASSESMENT DENGAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY DI LEMBAGA BAHASA PANCASILA
Nuzuly Riditya, Khaerudin Khaerudin, Murni Winarsih

Last modified: 2022-04-06

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini telah berpengaruh dalam segala bidang kehidupan manusia. Penggunaan teknologi dapat mempermudah pekerjaan, mempererat komunikasi dan dapat digunakan untuk mencari informasi dengan cepat dan mudah. Pada era sekarang ini, perkembangan tekhnologi sangat cepat dan canggih. Penggunaan tekhnologi dapat mempermudah pekerjaan, mempererat komunikasi dan dapat digunakan untuk mencari informasi dengan cepat dan mudah. Lembaga Bahasa Pancasila merupakan salah satu lembaga kursus Bahasa Inggris yang telah menggunakan e-learning untuk proses evaluasi. E-assesment tersebut menggunakan sebuah platform yaitu Nuadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat perilaku pemanfaatan dan penggunaan platform ujian online, Nuadu dengan menerapkan metode Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT) di Lembaga Bahasa Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur pengalaman pengguna website Nuadu dengan menggunakan Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT). Sumber data pada penelitian ini diperoleh langsung dari pengisian kuesioner oleh pengguna website Nuadu dengan menggunakan teknik kuesioner dengan skala likert 5 points yaitu (1)sangat tidak setuju, (2)tidak setuju, (3)netral, (4)setuju, (5)sangat setuju. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk ekspektasi kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial memiliki pengaruh positif dan kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh terhadap penggunaan platform e-assessment Nuadu sedangkan konstruk minat perilaku berpengaruh terhadap penggunaan platform e-assessment Nuadu. Konstruk gender memoderasi terhadap minat perilaku pemanfaatan platform e-assessment Nuadu. Umur memoderasi ekspektasi kinerja dan pengaruh sosial, konstruk pengalaman memoderasi dan gagal memoderasi ekspektasi usaha, kondisi yang terhadap minat perilaku dan penggunaan platform e-assessment Nuadu.


Keywords


E-Assessment;Nuadu platform;Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT);minat perilaku pemanfaatan

Full Text: FULL PAPER