Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK DIKSPESPA PENDIDIKAN DI KOMANDO PENGEMBANGAN DAN LATIHAN TNI ANGKATAN LAUT
Okti Cahyandari, Murti Kusuma Wirasti, Dwi Kusumawardani

Last modified: 2022-03-18

Abstract


Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengawak organisasi TNI Angkatan Laut. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem pendidikan dan strategi pembelajaran di TNI Angkatan Laut. Penerapan strategi pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan project based learning untuk dikspespa Pendidikan di Kodiklatal merupakan kebutuhan pola pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien terutama untuk mengatasi keterbatasan waktu dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah studi literatur dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang pengembangan flipped classroom dengan pendekatan project based learning dengan mengkolaborasikan syntax flipped classroom dan syntax project based learning. Hasil dari penelitian ini di dapat kesimpulan bahwa strategi pembelajaran flipped classroom dapat mempersingkat lama pendiidkan di lembaga pendidikan, meningkatkan motivasi dan juga hasil belajar.

 


Keywords


Strategi pembelajaran; flipped classroom; project based learning.

Full Text: FULL PAPER