Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM PEMBINAAN PAI DI MCI PALANGKA RAYA
Surawan Surawan, Irnadia Andriani

Last modified: 2022-04-10

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konteks, input, proses, dan produk (hasil) dari program pembinaan PAI bagi mualaf di MCI Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan mixed methods dan model CIPP (context, input, process, product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pembinaan PAI bagi mualaf di MCI Palangka Raya adalah: 1) evaluasi konteks, yaitu kebutuhan yang belum terpenuhi meliputi dukungan lembaga, dukungan keluarga, dan materi pembinaan. Sedangkan materi akidah dan syariat merupakan materi yang belum tercapai serta materi ibadah dan akhlak yang mudah dicapai. 2) evaluasi input, yaitu pemateri telah sesuai keahlian, antusias mualaf dalam mengikuti pembinaan tergolong rendah, respon mualaf tergolong sangat baik, serta keadaan sarana dan prasarana pembinaan belum memadai. 3) evaluasi proses, yaitu adanya ketidaksesuaian jadwal pelaksanaan dan materi yang telah ditentukan. Selain itu, pemanfaatan sarana dan prasarana belum maksimal. Proses pelaksanaan program pun masih menemukan beberapa kendala. 4) evaluasi produk (hasil), yaitu ketercapaian tujuan program tergolong tinggi, tingkat kerajinan mualaf dalam beribadah tergolong tinggi, dan pembinaan di MCI Palangka Raya telah memberikan dampak keagamaan terhadap mualaf, seperti berpengetahuan keagamaan yang baik dan berakhlak karimah. Berdasarkan evaluasi dengan model CIPP ini, maka program pembinaan PAI bagi mualaf di MCI Palangka Raya dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.

Keywords


CIPP, PAI, mualaf

Full Text: FULL PAPER