Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN TASK COMMITMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP/MTS SEDERAJAT KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE
Mitawati Ali Imran, Thamrin Tayeb, Ahmad Farham Majid

Last modified: 2022-04-06

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang: (1) Self Regulated Learning, Task Commitment, dan hasil belajar matematika peserta didik di SMP/MTs Sederajat kecamatan Bontocani kabupaten Bone (2) Untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMP/MTs Sederajat kecamatan Bontocani kabupaten Bone (3) Untuk mengetahui pengaruh Task Commitment terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMP/MTs Sederajat kecamatan Bontocani kabupaten Bone (4) Untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning dan Task Commitment terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMP/MTs Sederajat kecamatan Bontocani kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penelitian Ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP/MTs Sederajat di kecamatan Bontocani kabupaten Bone, sedangkan sampelnya adalah seluruh peserta didik SMPN Satap 6 Bontocani dan MTsS Pattuku masing-masing 66 peserta didik dam 74 peserta didik yang diambil melali teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Self Regulated Learning, angket Task Commitment dan dokumentasi hasil belajar matematika berupa hasil ulangan tengah semester. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan teknik Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil analisis dan menggunakan statistik deskriptif untuk Self Regulated Learning berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 61,86, untuk Task Commitment berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 63,88, dan untuk hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori sedang  dengan nilai rata-rata 79,07. Adapun hasil analisis statistik inferensial diperoleh bahwa Self Regulated Learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika karena p-value < ∝ (0,00 < 0,05). Task Commitment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik karena p-value < ∝ (0,00 < 0,05). Serta Self Regulated Learning dan Task Commitment berpengaruh secara positif dan

Keywords


Self regulated learning, task commitment, hasil belajar

Full Text: FULL PAPER