Last modified: 2022-03-17
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 pada tingkat sekolah dasar dilaksanakan melalui pembelajaran tematik, dengan proses pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Sebagai dampaknya, guru dituntut untuk merencanakan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik pada peserta didik kelas III di SDN. 45 Sunggumanai Kab. Jeneponto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di SDN. 45 Sunggumanai Kab. Jeneponto dengan guru kelas III sebagai subjek penelitian di SDN 45 Sunggumanai Kab. Jeneponto. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada tahap perencanaan pembelajaran tematik di kelas sudah memenuhi unsur yang dibutuhkan. 2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran tematik sebagian besar sudah menggunakan model pembelajaran secara tematik namun masih ada penyampaian materi dijelaskan secara terpisah. 3) Pada tahap evaluasi atau penilaian, sudah menggunakan model penilaian pembelajaran tematik, penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru dalam bentuk tes tertulis dilaksanakan secara terpisah sesuai mata pelajaran, dan pada tahap penilaian proses yang sering dilakukan oleh guru. Implikasi mengimplikasikan agar guru lebih memberi tanggapan, dan penilaian dengan kebijakan-kebijakan terkait dengan kurikulum yang akan ataupun sedang dilaksanakan oleh pemerintah, dan guru dapat belajar lebih banyak mengenai kurikulum, sehingga tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kurikulum.