Last modified: 2022-03-17
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah Baca Tulis Al-Qur’an Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian kulitatif ini memiliki sumber data berasal dari mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah kelas B. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan belajar mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah Baca Tulis Al-Qur’an yaitu kesulitan dalam penguasaan hukum bacaan pada materi, seperti ilmu tajwid, makharijul huruf dan hukum bacaan lainnya, dan kesulitan dalam mengingat konsep hukum bacaan yang ada dalam materi Baca Tulis Al-Qur’an. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar yaitu kurangnya pengulangan materi pembelajaran, adanya rasa malas dalam diri mahasiswa untuk dapat lebih menguasai materi pembelajaran mata kuliah Baca Tulis Al-Qur’an, dan rasa malas untuk mencari sumber lain selain dosen, serta jaringan yang kurang memadai sehingga mempengaruhi konsentrasi dalam belajar. Hasil temuan mengimplikasikan agar mahasiswa sesering mungkin mengulang kembali materi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, dan mencari sumber lain selain dosen seperti ikut dalam kelompok belajar al-Qur’an intensif.