Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH CS6 DAN STRATEGI MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Ade Saleh Nurrohim, Rahayu Kariadinata, T. Tutut Widiastuti A.

Last modified: 2022-03-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic  (2)mengetahui kelayakan dari segi ahli materi, ahli media dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic  ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MA AS-SA`ADAH Sumedang kelas XI MIA, ahli materi, ahli media dan objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic . Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner skala 4 dengan analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic dikembangkan melalui 5 tahapan yaitu: a) Analysis; b) Design; c) Development; d) Implementation; dan e) Evaluation. (2) Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic ini layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 96% (Sangat Valid), b) Ahli media diperoleh persentase 83% (Sangat Valid), (c) Praktikalitas media pada ujicoba skala besar diperoleh persentase 87% (Sangat Praktis), (d) Efektivitas pada ujicoba skala besar diperoleh persentase 70% (Efektif).

Full Text: FULL PAPER