Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN MATHLET EKSPLORATIF MATERI TRIGONOMETRI BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 TAKALAR
Nur Yuliany, Andi Halimah, Nurfirmansyah Syukri

Last modified: 2022-03-17

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mathlet eksploratif yang sudah valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R & D (penelitian dan pengembangan) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE pada pengembangan bahan ajar berbasis teknologi. Model pengembangan ini memiliki lima tahapan yakni tahap analisis yang mencakup masalah, Identifikasi kebutuhan, dan pengumpulan bahan, tahap kedua yaitu meliputi pembuatan tata letak, diagram alur, dan papan cerita. pada tahap tiga yaitu pengembangan yang meliputi pembuatan tampilan, pembuatan kode program, atau program bahasa.Pada tahap keempat yaitu penerapan yang meliputi uji coba lapangan, pengisian angket peserta didik daan angket respon guru dan pada tahap kelima yaitu revisi perbaikan dari media pembelajaran matematika eksploratif. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Takalar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, validasi instrumen, pengamatan aktivitas peserta didik, lembar respons peserta didik, dan guru serta tes hasil belajar.

Hasil uji coba, diperoleh hasil (1) hasil validasi dan instrumen penelitian dengan nilai rata-rata sebesar 4,5 dengan kategori sangat valid yang berada pada rentang nilai , (2) Praktis, keterlaksanaan media mathlet eksploratif yang meliputi komponen angket respons peserta didik dengan presentase sebesar 83% dinyatakan sangat positif karena berada pada , (3) Efektif, hasil observasi aktivitas peserta didik dengan proporsi 83% dengan kategori sangat baik karena berada pada rentang nilai .Selain itu, tes hasil belajar yang dilakukan pada 36 responden peserta didik dengan hasil analisis 81% termasuk kategori tuntas dengan frekuensi 29 orang dan 19% berada pada kategori tidak tuntas pada frekuensi 7 orang, sehingga penguasaan hasil belajar peserta didik sudah memenuhi standar ketuntasan yang berada pada rentan 75%-90% atau skor 75-90. Sehingga dapat dikatakan bahwa pada tahap uji coba yang telah dilakukan, Pengembangan mathlet eksploratif materi trigonometri berbasis A dobe F lash cs 6 Pada siswa kelas X di SMAN 1 Takalar memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.


Keywords


Pengembangan, Mathlet, Eksploratif, Trigonometri

Full Text: FULL PAPER