Last modified: 2022-03-18
Abstract
Pemanfaatan Learning Manajement System dan jurnal online dalam pembelajaran saat ini merupakan suatu keniscayaan, tidak hanya karena kondisi pandemik saat ini, melainkan juga karena era industri 4.0 menuntut hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas penggunaan Learning Management System bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dan dinamika pemanfaatan Jurnal Lentera Pendidikan dalam pembelajaran bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Lentera (Learning Center Area) dan pengelola Jurnal Lentera Pendidikan. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Realitas pemanfaatan Learning Management System mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tergolong belum maksimal. 2) Pemanfaatan Jurnal Lentera Pendidikan FTK dalam pembelajaran oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam masih tergolong rendah karena mahasiswa hanya mengaksesnya ketika diarahkan oleh dosen untuk penyelesaian tugas. Implikasi penelitian ini mengharapkan kepada para dosen agar lebih mengembangkan media pembelajaran online dan meningkatkan sosialisasi pemanfaatan Learning Management System, karena mahasiswa menyarankan agar lebih menyosialisasikan cara penggunaan LMS dan menyebarluaskan informasi mengenai Jurnal Lentera Pendidikan FTK serta mengembangkan fitur yang tersedia dalam situs/website FTK yang menunjang keberhasilan pembelajaran online secara maksimal.