Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DAN PROPERTI
Riza Nur Dwi Lutfiana, Eveline Siregar, Murni Winarsih

Last modified: 2022-04-10

Abstract


Perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 ini berdampak besar dalam dunia pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan. Pembelajaran kini dapat berlangsung jauh dengan adanya perkembangan teknologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk merancang model pembelajaran yang diperkaya kelas virtual pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa.Penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan (R&D) dan menggunakan PEDATI sebagai acuan dalam pembelajaran dimana strategi, metode dan teknik pembelajaran sudah tercantum didalamnya. Model PEDATI itu sendiri memiliki beberapa langkah dimulai dari (1) merumuskan capaian pembelajaran, (2) peta kompetensi, (3) pengorganisasian materi atau bahan ajar, (4) acuan model pembelajaran, (5) aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron, (6) penggabungan kelas virtual yang diperkaya dan PEDATI serta (7) petunjuk pengerjaan dan rubrik penilaian tugas. Hasil penelitian ini berupa desain pembelajaran kelas virtual yang diperkayamenggunakan PEDATI pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti. Dengan adanya desain pembelajaran ini, pembelajaran akan lebih bervariasi sehingga dapat menggunakan pengalaman siswa dalam belajar tentunya dengan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.


Full Text: FULL PAPER