Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENDIDIKAN NILAI MORAL DAN KARAKTER PADA PEMBALAJARAN DARING ANAK 6-7 TAHUN DI KELAS 1 UTSMAN BIN AFFAN SD KHALIFAH KOTA SERANG
Wulan Fauzia

Last modified: 2022-04-09

Abstract


Lamanya jangka waktu belajar daring di rumah yang disebabkan oleh pamdemi virus corona menyebabkan kekhawatiran adanya learning loss atau berkurangnya pengetahuan dan juga keterampilan belajar anak (Andriani, dkk., 2021). Selain itu, dikhawatirkan juga akan adanya kehilangan dalam pendidikan nilai moral dan karakter anak yang merupakan salah satu tujuan pendidikan (UU No. 20 Tahun 2003). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode dan penerapan pendidikan nilai moral dan karakter yang dilakukan oleh Guru Kelas 1 Utsman Bin Affan SD Khalifah, Kota Serang. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Guru menerapkan beberapa metode dalam pendidikan nilai moral dan karakter seperti penerapan peraturan kelas daring, penerapan peraturan ketika beristirahat, pembiasaan berdoa, pemberian hadis dan kata- kata bijak dan pemberian dorongan (encouragement). Kesimpulan dari penelitian ini adalah, perlunya kerjasama antara Guru dan orang tua dalam mengawasi penerapan dari pendidikan nilai moral dan karakter tersebut di rumah.


Keywords


Pendidikan Nilai Moral, Pendidikan Karakter, Pembelajar Daring

Full Text: FULL PAPER