Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA TERINTEGRASI ISLAM TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 TINAMBUNG DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Nur Aminah, Sri Sulasteri, Muhammad Rusydi Rasyid

Last modified: 2022-04-06

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui proses pengembangan bahan ajar matematika terintegrasi Islam terhadap peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Tinambung di Kabupaten Polewali Mandar ; 2) menilai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar matematika terintegrasi Islam terhadap peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Tinambung di Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan yang disarankan oleh Thiagarajan dan Semmel yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba penelitian ini peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMK Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Validasi dan revisi dilakukan beberapa kali terhadap bahan ajar matematika terintegrasi Islam, setelah dinyatakan baik kemudian diujicobakan. Hasil validasi bahan ajar dan instrumen dari dua dosen ahli UIN Alauddin Makassar yaitu yang berarti sangat valid karena berada pada interval . Hasil kepraktisan diperoleh dari rata-rata angket respon guru sebesar dan angket respon guru diperoleh rata-rata sebesar . Keefektifan diperoleh dari hasil analisis observasi aktivitas peserta didik sebesar berada pada kategori sangat baik, kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh berada pada kategori sangat baik. Tes religiositas dengan nilai rata-rata kategori sangat baik, dan tes hasil belajar diperoleh rata-rata berada pada kategori baik. Bahan ajar matematika terintegrasi Islam selain dapat meningkatkan hasil belajar juga dapat meningkatkan religiositas peserta didik kelas X.

Full Text: FULL PAPER