Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Proceedings, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022

Font Size: 
PENILAIAN BERPIKIR KOMPUTASI SEBAGAI KECAKAPAN BARU DALAM LITERASI MATEMATIKA
Tri Fauji, Pinta Deniyanti Sampoerno, Lukman El Hakim

Last modified: 2022-04-09

Abstract


Salah satu kemampuan abad 21 yang perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah berpikir komputasi. Hal ini juga didukung oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang akan memasukkan penilaian berpikir komputasi sebagai kecakapan baru dalam literasi matematika pada Programme for International Students Assesment (PISA) 2021. Meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan literasi matematika. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir komputasi siswa diperlukan penilaian berpikir komputasi. Memahami komponen-komponen berpikir komputasi merupakan hal yang penting sebelum melakukan penilaian berpikir komputasi. Berdasarkan kajian literatur, penulis menemukan empat komponen penting yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan penilaian berpikir komputasi, yaitu: dekomposisi, pengenalan pola dan generaisasi, abstraksi, dan berpikir algoritma. Keempat komponen tersebut dapat dijadikan acuan dalam penilaian berpikir komputasi. Dalam artikel ini penulis akan membahas mengenai pengertian literasi matematika, pengertian bepikir komputasi, hubungan literasi matematika dan berpikir komputasi, dan penilaian berpikir komputasi dalam matematika. Saran untuk penelitian berikutnya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan berpikir komputasi dan penilaian berpikir komputasi dalam berbagai bidang studi, khususnya matematika.

Keywords


berpikir komputasi, literasi matematika, penilaian

Full Text: FULL PAPER